Image

Program Hibah Pusat Karir Lanjutan (Tracer Study) Belmawa Kemenristekdikti Tahun 2017

STKIP Pasundan kembali dipercaya pemerintah (melalui Dirjen Belmawa Kemenristekdikti) untuk mengembangkan UPT Pusat Karirnya di tahun 2017 ditandai dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) Program Bantuan Hibah Pusat Karir Lanjutan (Tracer Study). Selamat atas kerja keras UPT Pusat Karir STKIP Pasundan!

SK Program Bantuan Hibah Pusat Karir Lanjutan Tahun 2017

Setelah mendapat Bantuan Hibah Pusat Karir pada tahun 2016, Alhamdulillah di tahun 2017 STKIP Pasundan kembali mendapatkan bantuan hibah dari Belmawa Kemristekdikti melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan nomor: 212/B/SK/2017. Pada Program Bantuan Hibah Pusat Karir dan Bantuan Hibah Pusat Karir Lanjutan tahun 2017, ditetapkan sejumlah 84 Perguruan Tinggi penerima Bantuan Hibah Pusat Karir dan 112 Perguruan Tinggi penerima Bantuan Hibah Pusat Karir Lanjutan.

Semoga dengan diterimanya bantuan hibah ini dapat menjadi awal berjalannya program tracer study di lingkungan STKIP yang mengacu kepada standar Belmawa Kemristekdikti. Sehingga memberikan kebaikan seluruh sivitas akademika dan para alumninya, serta dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan dan peningkatan karir para calon lulusan dan alumni STKIP Pasundan. Amiin!

Progress Report Program Pusat Karir Lanjutan (Tracer Study) Tahun 2017

Pada pelaporan progress report pelaksanaan (tracer study) di STKIP Pasundan, disampaikan berbagai hal yakni:

A. Kegiatan PKL (tracer study) 2017 yang dilaksanakan oleh Pusat Karir STKIP Pasundan.
B. Laporan pelaksanaan program.
C. Kendala pelaksanaan program.
D. Langkah yang diambil Pusat Karir STKIP Pasundan dalam menghadapi kendala tersebut.

A. Kegiatan PKL (tracer study) 2017 yang dilaksanakan oleh Pusat Karir STKIP Pasundan adalah sebagai berikut:

1. Penyusunan Database Lulusan 2015; Merupakan kegiatan yang dilaksanakan di dalam menghimpun data Lulusan 2015, sebagai materi/bahan untuk pelaksanaan survey Lulusan.  Kegiatan ini juga dilaksanakan dengan tujuan sebagai data awal Lulusan 2015.

2. Sosialisasi Pelaksanaan Tracer Study; Kegiatan sosialisasi ini ditujukan sebagai wahana di dalam memberikan pemahaman kepada seluruh Sivitas Akademika STKIP Pasundan untuk mengetahui seluruh kegiatan Tracer Study, termasuk pula sebagai upaya di dalam menyebarkan informasi perihal pelaksanaan Tracer Study kepada Alumni/Lulusan STKIP Pasundan, khususnya Lulusan tahun 2015.

3. Penyediaan SDM Pelaksana Tracer Study; Ketersediaan sumber daya pelaksana program pusat karir lanjutan/tracer study di lingkungan STKIP Pasundan meliputi:

  • Penyediaan surveyor, yang terdiri dari perwakilan Lulusan tahun 2015 yang dapat menjadi simpul bagi sebagian besar Lulusan tahun 2015.
  • Penyediaan staf yang memiliki kemampuan di bidang teknologi informasi. Hal ini untuk membantu daya dukung pelaksanaan kegiatan tracer study yang mencakup penyediaan sistem informasi untuk pelaksanaan survey serta analisa dan rekapitulasi hasil pelaksanaan tracer study

4. Pelaksanaan Survey (Tracer Study); Tahapan di dalam pelaksanaan surver tracer study, meliputi:

  • Mempersiapkan form kuesioner
  • Menghubungi Lulusan tahun 2015
  • Melaksanakan Analisis dan Rekapitulasi Data

5. Seminar Hasil pelaksanaan Tracer Study; Merupakan kegiatan presentasi hasil tracer study khususnya di lingkungan STKIP Pasundan sebagai bahan evaluasi pelaksanaan tracer study secara internal. Selain itu juga untuk menghimpun masukan dari seluruh stakeholder berkenaan dengan koreksi dan kekurangan yang masih terdapat di dalam pelaksanaan hibah pusat karir lanjutan/tracer study ini.

6. Input Data Online ke tracerstudy.dikti.go.id; Merupakan kewajiban bagi seluruh Perguruan Tinggi penerima Hibah Pusat Karir Lanjutan yakni melaksanakan input data berkenaan dengan pelaksanaan survey tracer study dengan memenuhi seluruh butir pertanyaan atau data yang telah tersedia di laman tracerstudy.dikti.go.id

7. Seminar Pemaparan Hasil BPLPKL; Merupakan kewajiban bagi seluruh Perguruan Tinggi penerima Hibah Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan untuk melaksanakan presentasi hasil di hadapan Ditjen Belmawa DIKTI serta sebagai evaluasi akhir dari keseluruhan kegiatan Hibah Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan.

8. Penyerahan Laporan Kegiatan BPLPKL; Merupakan kegiatan akhir di dalam pelaksanaan program pusat karir lanjutan/tracer study, yakni penyampaian keseluruhan laporan kegiatan pelaksanaan program yang telah dilaksanakan Tim Tracer Study STKIP Pasundan kepada Ditjen Belmawa DIKTI.

B. Laporan pelaksanaan program yang sudah dilaksanakan Pusat Karir STKIP Pasundan, meliputi:

1. Penyusunan Database Lulusan 2015
Penyusunan database ini dilaksanakan dalam bentuk pengumpulan data informasi Lulusan tahun 2015 berupa:

  • Data lulusan
  • Data kontak (nomor telpon, handphone dan email)

2. Sosialisasi Pelaksanaan Tracer Study
Kegiatan sosialisasi pelaksanaan tracer study, dilaksanakan dalam bentuk:

  • Penyampaian informasi melalui spanduk, banner serta media cetak lainnya.
  • Penyampaian informasi melalui website lembaga STKIP Pasundan.
  • Penyampaian informasi melalui sejumlah kegiatan yang melibatkan Alumni.

3. Penyediaan SDM Pelaksana Tracer Study
Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk:

  • Rekruitmen staf/relawan.
  • Koordinasi dan konsolidasi kepanitiaan.
  • Monitoring kinerja tim pelaksana.

4. Pelaksanaan Survey (Tracer Study)
Data kuesioner yang telah terhimpun baru mencapai 22% dari jumlah total responden lulusan 2015 berjumlah 966 orang Lulusan.

C. Kendala yang dihadapi Pusat Karir STKIP Pasundan dalam pelaksanaan program PKL (tracer study) 2017 adalah sebagai berikut:

1. Penyusunan Database Lulusan 2015
Terdapat 30% data lulusan tahun 2015 yang tidak update, khususnya berkenaan dengan data kontak yakni Nomor Telepon/Handphone.

2. Sosialisasi Pelaksanaan Tracer Study
Tidak mendapat kendala yang berarti, dan target kegiatan dapat terpenuhi.

3. Penyediaan SDM Pelaksana Tracer Study
Tidak mendapat kendala yang berarti, dan target kegiatan dapat terpenuhi.

4. Pelaksanaan Survey (Tracer Study)
Data kuesioner yang telah terhimpun baru mencapai 22% dari jumlah total responden lulusan 2015 berjumlah 966 orang Lulusan.

D. Langkah yang diambil untuk kendala yang dihadapi kendala tersebut adalah sebagai berikut:

1. Penyusunan Database Lulusan 2015
Membentuk surveyor yakni sampel dari Lulusan tahun 2015. Tim surveyor ini bertugas selain mengecek validitas keseluruhan data lulusan tahun 2015 juga bertindak sebagai penghubung antara Tim Tracer Study STKIP Pasundan dengan seluruh lulusan tahun 2015.

2. Pelaksanaan Survey (Tracer Study)
Upaya yang dilaksanakan untuk menambah presentase responden yang mengisi kuesioner adalah sebagai berikut:

  • Mengecek kembali data responden yang belum mengisi kuesioner, termasuk memastikan data kontak nya telah benar dan dapat dihubungi.
  • Menghubungi kembali responden yang belum mengisi kuesioner, serta mengingatkan nilai tambah dan manfaat dari partisipasi di dalam mengisi kuesioner tracer study.

Seminar Hasil Program Hibah Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan Tahun 2017

Seminar Hasil Program Hibah Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan dilaksanakan dalam rangka pemaparan hasil akhir program
yang wajib diikuti oleh semua pemenang hibah. Seminar Hasil Program diselengarakan di Hotel Menara Peninsula Jakarta pada tanggal 16-17 November 2017.

Pada pelaksanaan Workshop dan Evaluasi Hibah Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan ini, delegasi STKIP Pasundan terdiri dari:
1. Hilman Sutanto, S.IP, M.Pd.
2. Dedeng Rahmat, ST.

Adapun kegiatan yang diikuti selama pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Seminar Presentasi Hasil pelaksanaan program hibah dari perwakilan Perguruan Tinggi se-Indonesia
2. Seminar Presentasi Poster Hasil pelaksanaan program hibah dari seluruh Perguruan Tinggi se-Indonesia
3. Bimbingan teknis tentang penelolaan Pusat Karir di Perguruan Tinggi

Diharapkan, setelah mengikuti kegiatan Seminar Hasil Program Hibah Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan ini keberadaan Pusat Karir di STKIP Pasundan dapat lebih ditingkatkan eksistensinya melalui berbagai program kerja yang secara signifikan dapat berdampak langsung kepada para mahasiswa dan alumni STKIP Pasundan.